Jumat, 11 Maret 2016

A to Z Reksadana

Setelah hampir 2 minggu gak nulis, akhirnya tadi malem pas browsing nemu sedikit artikel dari salah satu twit Aidil Akbar (@aidilakbar) salah satu Perencana Keuangan sekaligus trainer investasi&keuangan, yang sepertinya layak untuk diketahui temen-temen pembaca sekalian,tentu saja dengan sedikit modifikasi tulisan oleh saya. Terutama bagi yang msh newbie ato agak-agak asing dengan reksadana

OK, langsung aja ini ada rangkuman tips invest di ReksaDana yg sangat simple and to the point : 

1.  ReksaDana itu bentuknya Rekening (jadi kayak sistem tabungan gitu) bisa diisi (invest awal or top up) kapan aja dan bisa ditarik kapan aja.

2. Minimum investasi di ReksaDana bermacam-macam tergantung perusahaan Aset Managementnya (MI), ada yang 100ribu, ada yang 250ribu ada yang 500ribu ada juga yang 1juta.

3. ReksaDana bisa dijual langsung (beli langsung ke Manajer Investasi) atau melalui agen penjual misalnya Bank, Sekuritas, maupun website marketplace Reksadana Online. Khusus lewat Bank, ada beberapa yang mengenakan minimum pembukaan rekening besarnya beda-beda ada yg 1jt, 5jt, 10jt, 25jt.

Cara belinya yaaa mirip buka rekening aja isi beberapa formulir, foto copy KTP plus Uang investasinya di transfer.  Nah perhatiin selalu transfer ke rekening atas nama ReksaDana nya di Bank Kustodian ya...setelah itu bbrp hari kemudian kita akan mendapatkan surat konfirmasi pembelian.

4. Pada saat anda beli ReksaDana anda memiliki yang disebut dengan “Unit”.  Harga per unit disebut dengan Nilai Aktiva Bersih (NAB) per unit, contoh: kita invest 500,000 (lima ratus ribu) harga unit (NAB) reksa dana nya 1,000, jadi kita mempunyai 500 unit. (mudah-mudahan ng
ak pusing tuh )

5. Gimana cara kita itung keuntungan ReksaDana?  Ketika harga NAB nya naik.  Contoh, NAB yang kita beli diatas naik dari 1,000 ke 1,150 berarti uang kita menjadi 1,150 x 500 unit = 575,000 keuntungannya 75,000 (575.000-500.000)

6. Info tentang NAB ReksaDana bisa diliat di koran ekonomi (Investor Indonesia, Bisnis Indonesia) maupun website pusat info investasi&reksadana ato marketplace reksadana online misal www.infovesta.com

7. Usahakan untuk investasi di ReksaDana minimum setiap bulan, habis gajian… beli n lupain aja jangan diliat-liat.  Investasi itu seperti taneman kalau diliat-liat nanti lama lho tumbuhnya… hahaha

8. Cek produk reksadana ada prospektusnya nggak? kalo nggak ada ato ragu-ragu jangan inveeeesst, ati2 bodong…utk reksadana pastikan produk maupun MI-nya terdaftar di OJK.

9. Kalau mau beli ReksaDana Saham sebaiknya untuk jangka panjang diatas 5 tahun, ReksaDana Campuran 3-5 tahun, ReksaDana Pendapatan Tetap 1-3 tahun, ReksaDana Pasar Uang 1 tahun (alternatif).

10. Ketika pasar (bursa) turun jangan panik, tetep fokus pada tujuan investasi, karena dalam jangka panjang pasar(bursa) akan cenderung naik.

Sekian dulu ya guys, semoga bermanfaat......

"Happy Investing & Be Smart Investor"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar