Jumat, 27 November 2015

EMPAT KUADRAN Financial ==> Robbert T.Kiyosaki

Friends...tentu sudah tidak asing dengan pembagian 4 kuadran finansial menurut Kiyosaki ini. Bukunya entah sudah berapa kali cetak ulang, sudah sering dan banyak dibahas di seminar/training/motivasi keuangan. Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba memberikan ringkasan pelajaran dari kuadran finansial tersebut.
Kuadran pertama disebut Employee (E). Yang ada di kuadran ini adalah karyawan atau pekerja kantoran yang diberi upah oleh perusahaan. Ciri-ciri finansial yang dimiliki oleh mereka adalah pengeluaran yang hampir sebesar penghasilan. Mereka sangat tergantung pada keputusan-keputusan dan peraturan perusahaan agar tetap memperoleh gaji sebagai sumber pemasukan keuangan pribafi maupun keluarganya.
Kuadran kedua adalah Self-Employed (S). Di Indonesia kategori ini sering disebut dengan pekerja lepas, meski seharusnya tidak selalu tepat. Profesi yang masuk dalam kuadran ini adalah dokter (yang buka praktek sendiri), musisi, penulis, artis, dan sebagainya. Artinya hanya mereka yang memiliki keahlian khusus untuk bisa berkarir di bidangnya.
Baik Employee maupun Self-Employed sama-sama tidak dibayar kalau dia tidak bekerja.
Kuadran ketiga adalah Business Owner (B). Dalam konteks ini bisnis yang dimaksud adalah bisnis yang sudah jalan, yang memungkinkan seseorang memiliki dan mengendalikan sistem bisnis tersebut sambil menikmati peningkatan kekayaan hasil dari bisnisnya. Karena sistem sudah berjalan, mereka hanya mengontrol dari jauh (tanpa banyak terlibat). Mereka bisa mempekerjakan orang-orang pandai dan terampil untuk menjalankan bisnis yang dia miliki.
Kuadran keempat adalah Investor (I) Konteks yang dimaksud adalah mereka yang memiliki dana dan diinvestasikan pada sebuah perusahaan atau bisnis untuk mendapatkan return. Jadi investor benar-benar mengandalkan hidupnya pada modal yang diinvestasikan pada perusahaan atau bisnis yang berpotensi memberikan return tinggi. Biasanya mereka berinvestasi pada perusahaan terbuka, properti, ataupun pada bisnis perintis yang potensinya besar.
Business Owner dan Investor memungkinkan seseorang untuk ‘tidak bekerja’ guna mencukupi kebutuhan finansial, atau bahkan justru mampu menambah kekayaan mereka dari waktu ke waktu.
Fakta menariknya adalah Kuadran satu dan dua menyumbang 90 persen dari populasi masyarakat menengah di dunia, tetapi hanya menyumbang 10 persen dari total kekayaan masyarakat menengah di dunia. Begitu juga sebaliknya, Business Owner dan Investor hanya menyumbang 10 persen dari populasi, tetapi kekayaan mereka menyumbang 90 persen dari total kekayaan yang ada. Luar biasa bukan?
See you in the next article...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar