Minggu, 17 Juli 2016

Memanfaatkan Reksadana Untuk Kemapanan Finansial

Reksadana...yes! instrumen investasi ini bener-bener sangat lengkap dan multifungsi. Jenisnya juga bermacam-macam sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan profil resiko investor.

Bagaimana kita bisa memanfaatkan reksadana untuk kemapanan finansial? Mungkin ini jd pertanyaan sebagian besar investor terutama yang masih pemula...tenang aja, kali ini saya akan sedikit berbagi strategi investasi di reksadana untuk pencapaian kemapanan finansial.

Secara umum kita bisa memanfaatkan reksadana untuk berbagai tujuan keuangan sekaligus dan hal ini sangat memungkinkan, tentu saja dengan modifikasi strategi yang berbeda!
Reksadana dapat kita manfaatkan untuk hal-hal sebagai berikut :
1. Pencapaian tujuan keuangan keluarga misalnya dana pensiun dan dana pendidikan anak,
2. Akumulasi kekayaan,
3. Sumber tambahan penghasilan.

Bagaimana strategi umum yang bisa diterapkan untuk masing-masing tujuan diatas ?? Secara singkat dapat saya share sebagai berikut:

1. Untuk perencanaan dana pendidikan anak dan dana pensiun, strategi investasi yang dapat kita terapkan adalah berinvestasi dengan metoda Dollar Cost Averaging (DCA).
2. Karena bersifat akumulasi kekayaan, maka reksadana ini harus kita kelola sedikit lebih aktif portofolionya. Diperlukan usaha cermat untuk memilih reksadana terbaik, evaluasi kinerja reksadana,&rebalancing portofolio yang dilakukan secara berkala dengan tools dan pertimbangan tertentu.
3. Reksadana juga bisa dipergunakan untuk sumber penghasilan tambahan loh. Karena kita memposisikan sumber penghasilan maka status return investasi reksadana kita sebagai active income. Strategi investasi yang bisa diterapkan yaitu mengunakan indikator-indikator fundamental perekonomian maupun pergerakan secara teknikal instrumen yang menjadi underlying assetnya. Lebih tepatnya, strategi yang ketiga ini mirip dengan pendekatan trader saham/obligasi yang mengutamakan market timing.

Sekian dulu ya guys, selamat berinvestasi....sesuaikan strategi dengan style masing-masing.

"Happy Investing & Be Smart Investor"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar