Minggu, 31 Juli 2016

Transaksi Online, Investasi Reksadana Makin Mudah

Reksadana adalah jenis investasi yang sangat komplit, mudah, murah& cukup handal bahkan untuk investor pemula sekalipun. Meskipun demikian, ternyata tidak semua orang mengerti kemana ia harus membeli produk investasi ini.

Maraknya transaksi online melalui internet beberapa tahun belakangan ini ternyata juga menginspirasi Manajer Investasi dan agen-agen penjual reksadana untuk memasarkan produk-produknya secara online. Hal ini tentu saja sangat memudahkan kita sebagai investor maupun calon investor reksadana.

Nah, dimana kita bisa bertransaksi reksadana secara online ? Yuk kita simak...

Berdasarkan pengalaman saya, saat ini sudah hampir semua jalur pemasaran reksadana menyediakan fasilitas transaksi online. Berikut beberapa tempat membeli reksadana secara online yang saya ketahui :
1. Website atau aplikasi dari Manajer Investasi langsung, misalnya : Panin, Trimegah, Danareksa, Sinarmas, Manulife, dan Bahana. Selain lewat website ada juga yang sudah punya versi mobile.
2. Bank sebagai agen penjual, misalnya : Commonwealth melalui internet bankingnya yang mengusung konsep supermarket reksadana.
3. Marketplace Reksadana, merupakan aplikasi atau website agen penjual reksadana yang menyediakan berbagai produk reksadana dari berbagai Manajer Investasi secara online. Misalnya : Ipotfund (www.ipotfund.com - juga tersedia aplikasi mobile ), Bareksa (www.bareksa.com), Poems Profunds (www.poems.co.id - juga tersedia aplikasi mobile).

Selain menawarkan jual beli reksadana online, website maupun aplikasi reksadana online tersebut diatas juga menawarkan fitur tambahan dan pelengkap untuk kebutuhan investor, misalnya : investasi berkala, laporan portofolio, bahkan fitur perencanaan keuangan. Dan lebih hebatnya lagi, pembelian reksadana secara online melalui web maupun aplikasi diatas bisa dimulai dengan ratusan ribu rupiah saja (bahkan ada yg mulai 100 ribu-an loh!!)

Masing-masing kanal transaksi online reksadana diatas memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk lebih jelasnya tentang fitur, produk, & kelengkapannya silakan diexplore sendiri ya friends....Saya pribadi menggunakan beberapa macam yang disesuaikan dengan tujuan keuangan  serta pertimbangan khusus.

Dengan semakin mudahnya transaksi reksadana, tidak ada alasan lagi untuk menunda investasi demi masa depan yang lebih baik, selamat berinvestasi reksadana!

"Happy Investing and Be Smart Investor"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar