Senin, 14 Desember 2015

Analisa IHSG 15 Des '15

              Setelah menghadapi tekanan terus menerus sejak seminggu yang lalu, pada perdagangan hari ini tanggal 14 Des 2015 IHSG ditutup melemah 0,44%. Biang keladi penurunan indeks sejak beberapa hari yang lalu ini yaitu : penurunan harga minyak yg semakin parah dan reaksi pasar global atas antisipasi keputusan kepastian kenaikan bunga The Fed.
         Terlepas dari beberapa faktor penyebab penurunan IHSG, mari kita lihat secara teknikal "sedang ada dimana indeks saat ini" dan "kemungkinan potensi apa yang akan terjadi kemudian". Tampilan daily chart IHSG per tanggal 14 Des 2015 tampak sebagai berikut :











Seperti terlihat bahwa saat ini IHSG sedang pas berada di area support (trend line horisontal warna biru), artinya : ada dua skenario yang harus menjadi perhatian temen-temen  trader and investor saham :
  • Jika indeks besok berhasil rebound (mantul dari support), maka dalam beberapa hari kedepan IHSG akan melanjutkan kenaikan untuk menguji resisten 4600 ==> garis panah warna merah
  • Namun jika ternyata pada perdagangan besok, indeks malah turun lagi dan  brekdown garis support, maka dalam beberapa hari kedepan IHSG akan melanjutkan penurunannya menuju support kuat di 4070.
          Mempertimbangkan uraian diatas, maka kita bisa memperkirakan strategi apa yang paling tepat sesuai skenario yang terjadi untuk saham-saham yang akan kita incar ataupun sudah kita miliki. Namun secara pribadi, saya berpendapat bahwa IHSG akan cenderung ke skenario yang pertama yaitu teknikal rebound dan kenaikan akan berlanjut sampai dengan akhir tahun 2015 ini.

Disclaimer On Ya!!

" Happy Investing and Be Smart Investor"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar